Fitnah Dajjal

Pernakah kawand2 mendengar nama “Dajjal”???

Mungkin kawand2 sudah pernah mendengarnya….saya sendiri sebenarnya juga pernah mendengar nama itu…tapi tidak terlalu begitu tahu bahkan saya sempat mengabaikan dan tak mau tahu tentang itu dan lebih memprihatinkan lagi saya sempat merasa biasa saja…sampai akhirnya minggu lalu saya ikut menyaksikan siaran  di salah satu TV swasta yang diputar oleh keluarga saya. Sebuah  program acara tausiyah yang disampaikan oleh seorang ustadz. Beliau membahas tentang Dajjal, siapa itu Dajjal dan bagaimana cara menghindari fitnah Dajjal.

Who’z Dajjal???

Beliau mengatakan Dajjal itu adalah seorang anak manusia yang atas izin Allah dia bisa melakukan banyak hal seperti menghidupkan orang mati, menurunkan hujan, bahkan ia menciptakan sebuah surga dan neraka dunia. Ia dapat dikenali oleh setiap mukmin bila ia telah keluar sehingga orang-orang mukmin tidak terkena fitnahnya dan perlu kawand2 tahu fitnah dajjal adalah yang paling besar di muka bumi. Beliau berkata, arti fitnah disini yaitu ujian. Fitnah Dajjal itu merupakan ujian yang besar bagi kaum muslimin.

Ciri –ciri Dajjal

Dajjal  itu masih muda, memiliki wajah merah, pendek, kakinya bengkok, rambutnya keriting, mata kanannya buta menonjol keluar seperti buah anggur mengapung, di atas mata kirinya ada daging tumbuh dan diantara kedua matanya terdapat tulisan arab “kafir” yang dapat dibaca oleh setiap muslim yang bisa baca tulis ataupun yang tidak bisa baca tulis (istilah indonya buta huruf ). Dajjal adalah orang yang mandul dan tak memiliki anak.

Permasalahannya  sekarang adalah apakah kita termasuk kaum  muslimin yang bisa membaca tulisan “kafir” itu??? teringat lagi saya kalimat yang dikatakan oleh ustadz dalam tausiyah itu, “seorang yang beragama Islam pun belum tentu bisa membacanya tulisan itu jika ia bukan seorang muslim yang memiliki keimanan yang kuat”…bagaimana dengan kita???apakah kita temasuk  kaum muslimin yang memiliki iman yang kuat? mari kita tanya pada diri kita masing2 dan mari kita sama2 memperbaiki kualitas keimanan kita,,jika pun kita tak sempat berada pada momen dimana Dajjal keluar, paling tidak kita sudah membimbing  keturunan kita nanti untuk berhati-hati terhadap seorang yang bernama “Dajjal”. (Semoga kita dan keturunan kita kelak termasuk orang-orang yang istiqomah dalam memperbaiki kualitas keimanan kita…aamiinn)

Tempat Dajjal Keluar

Dajjal muncul dari arah timur dari Khurasan (sekarang terletak di Iran Timur) dengan diiringi 70.000 orang Yahudi Ashbahan  (Sebuah kota di tengah Iran)

Tempat yang dapat Dimasuki Dajjal

Dajjal berjalan di muka bumi seperti hujan yang ditiup angin (bisakah kita bayangkan? Sangat cepat sekali bukan???) Ia bisa masuk di setiap negeri except MEKKAH and MADINAH coz  kedua kota itu dijaga oleh Malaikat. Subhanallah…

Ketika ia tak dapat masuk ke Madinah  maka kota Madinah berguncang tiga kali, lalu keluarlah orang munafiq and kafir. Kaum munafiq laki-laki dan perempuan  keluar menuju Dajjal (ini terdapat dalam HR. Bukhari (no. 1881), Muslim (no. 2943),  dan Ahmad (III/191, 206, 238,292) dari Anas bin Malik ra.)

Dalam riwayat lain menyebutkan keluarlah orang munafiq laki-laki dan perempuan, dan fasiq laki-laki dan perempuan menuju Dajjal, itulah Yaumul Khalash (hari Pembebasan). Ini terdapat dalam HR. Ahmad (IV/338) dan Hakim (IV/543)dari sahabat Mihjan bin al-Adru’ ra. Diriwayat lain juga, Dajjal tidak dapat masuk ke empat mesjid yaitu, Masjid al-Haram, Masjid Nabawy, Masjid al-Aqsha, dan Masjid ath-Thuur.

Saya teringat lagi dengan kata ustadz dalam tausiyahnya, kita umat Islam akan lebih bagus jika bisa punya rumah di salah satu kedua kota itu sebagai salah satu asset masa depan  karena kita bisa pergi ke sana jika kita ataupun keturunan kita  kelak mengetahui akan keberadaan Dajjal…mungkin kawand2 yang memiliki kaemampuan lebih dari segi financial yah bisa menyisihkan dana sedikit buat bikin rumah di sana…

Keberadaan Dajjal

Dajjal di muka bumi selama 40 hari. Sehari seperti setahun, sehari seperti sebulan, sehari seperti sepekan dan sisanya seperti hari-hari biasa. Ini terdapat dalam (terdapat dalam HR. Muslim (no. 2937(110)), Abu Dawud (no. 4321)).

Fitnah Dajjal

Fitnah Dajjal merupakan fitnah yang paling besar sejak Allah ciptakan Adam sampai hari kiamat. (terdapat dalam HR. Muslim (no. 2946)). Dajjal membawa dua sungai mengalir, salah satunya terlihat air putih, dan yang lainnya terlihat api yang menyala2. Bila seseorang mendapati hal itu maka hendaklah ia masuk ke sungai yang tampak api, pejamkan mata, tundukkan kepala, minumlah! Itu adalah air yang sejuk. (terdapad dalam HR. Muslim (no. 2934(105)).  Dajjal mengaku sebagai rabb, menyuruh hujan untuk turun, lalu turun, lalu tumbuh tanaman, menghidupkan orang mati dan yang lainnya sebagai fitnah bagi kaum muslimin. (terdapat dalam HR. Muslim (no. 2937(110)).

Dibunuhnya seorang Dajjal

Ia dibunuh oleh Nabi Isa as di Ludd (suatu desa dekat Baitul Maqdis, di Palestina). (HR. At-Tirmidzi (no. 2244))

Cara terhindar dari fitnah Dajjal

  • Berlindung kepada Allah dari fitnah Dajjal dengan membaca doa berikut ini pada tasyahud akhir setiap sholat.

Allahumma inni audzubika min adzabi jahannama wamin adzabil qobri wamin fitnatil mahya wal mamats wamin syarri fitnatil masiihiddajjal

“Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari adzab jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah hidup dan mati, serta dari kejahatan fitnah al-Masih ad-Dajjal” (HR. Muslim (no. 558(128))

  • Menghafal 10 ayat pertama surah Al-Kahfi

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang hafal sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi, dia terjaga dari fitnah Dajjal.”(HR. Muslim (no.809) dan Ahmad (no. VI/449))

Pada riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda, “ Barangsiapa di antara kalian mengetahui fitnah Dajjal, maka bacalah beberapa ayat pada awal surat al- Kahfi, karena sesungguhnya itu akan melindungi kalian dari fitnahnya(Dajjal).” (HR. Muslim (no. 2397(110), Abu Dawud (no. 4321))

  • Menjauhi tempat fitnah dan tidak megikutinya

Kawand jika kita sudah mendengar atau mengetahui adanya keberadaan Dajjal. Jangan mencari tahu tentang dirinya, ingin menemui dirinya bahkan bertemu dengan Dajjal untuk melihat seperti apa Dajjal karena resikonya sangat besar. Sebaiknya kita segera pergi jauh dari ia. Pergi ke tempat yang ia tak dapat masuk ke dalamnya.

  • Tinggal di Makkah dan Madinah

Semoga kita semua dapat terhindar dari fitnah Dajjal aamiinn……

Maraji’ :

Tausiyah seorang Ustadz dan buku Syarah Aqidah Ahlussunnah Wal Jam’ah

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: