Cara-cara Membersihkan Diri Dari Dosa dan Penyakit Hati


  • Membersihkan hati dengan sholat malam atau Qiyamullail (Qumillaila illah qaliilaa). Rasulullah SAW bersabda dari Salim bin Abdullah bin Umar ,” Sebaik-baik seorang laki-laki hamba Alloh adalah sekiranya ia melaksanakan sholat malam”. Berkata Salim, ‘ Maka Abdullah bin Umar sesudah itu tidak tidur di malam hari, kecuali sedikit.” (HR. Bukhori No. 4528). Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda, “Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah Qiyamullail”. (HR. Muslim)
  • Membersihkan hati dengan membaca Al Qur’an (Wa rattilil qur’aana tartiila). Al Qur’an bila dibaca dengan syahdu, teliti baik makhroj hurufnya, tajwidnya maupun maknanya maka akan menjadi penawar hati untuk membersihkan segala penyakit hati.  Alloh Berfirman, “Dan Kami turunkan dari Al Qur’an (sesuatu) sebagai penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim hanya akan menambah kerugian.”(QS. Al Isra’ : 82)

  • Membersihkan hati dengan dzikir (Wadzkurisma robbika). Zikir yang berarti mengingat Alloh SWT dalam keadaan apapun sebagaimana yang tercantum dalam surah Ali Imran ayat 191.
  • Mensucikan hati dengan tabattal (Wa tabattal ilaihi tabtiilaa). Dalam tafsir Ibnu Katsir, makna tabattal adalah mengkhususkan diri semata untuk beribadah kepada Alloh saja dan Al-Qurthubi menambahkan dengan :”…dan jangan engkau menyekutukan dengan selain-Nya.”
  • Mensucikan diri dengan bertawakkal hanya kepada Alloh SWT (Fattakhidzu wakiilaa). Tawakal artinya beserah diri kepada Alloh. Allah berfirman, “ Dan barangsiapa bertawakkal kepada Alloh, niscaya Alloh akan mencukupkan keperluan-Nya. Dan akan memberikannya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.”(At Thalaq : 2-3)
  • Mensucikan dengan bersabar terhadap perkataan orang (Washbir ‘alaa maa yaquulun). Kesabaran disini diartikan seperti kesabaran dalam menghadapi fitnah, intimidasi dan terhadap kaum yang tidak menyukai Islam. Alloh SWT berfirman, “Dan bersabarlah (Muhammad) dan kesabaranmu itu semata-mata dengan pertolongan Alloh dan janganlah engkau bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan jangan (pula) bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka rencanakan”.(QS. An Nahl : 127)
  • Mensucikan diri dengan hijrah secara baik (Wahjurhum hajran jamiilaa). Rasullah SAW bersabda, “Orang yang berhijrah, ialah orang yang berhijrah (meninggalkan) kejahatan. Dan orang yang berjihad ialah orang yang berjuang melawan hawa nafsunya”. (HR. Ibnu Majah dan An-Nasaa’i)

13 responses to this post.

  1. Posted by fajar on Desember 22, 2010 at 6:10 PM

    terimakasih…saya adalah manusia yang benar2 telah banyak dosa…dari maksiat dan berbohong kepada orang tua…tapi itu semua terjadi karena aku punya alasan…aku pernah membenci ALLAH…aku pernah membenci agama…dan sampai saat ini…aku masih merasa demikian…aku juga pernah merasakan sebenar-benarnya iman…sampai aku pernah merasakan kekuatan yang luar biasa…cobaan itu datang di saat umur aku perlu bimbingan…sekarang aku sudah siap…dan DIA…punya cara tersendiri tuk mebimbing makhluk yang DIA cintai…

    Balas

  2. Posted by ulfa aziza on Maret 9, 2011 at 12:45 PM

    akan kah dosa” ku d maaf kan oleh alloh swt

    Balas

  3. Posted by ulfa aziza on Maret 9, 2011 at 12:47 PM

    akan kah dosa’ ku d maaf kan oleh alloh swt

    Balas

  4. Posted by Co Gundah Gulana on Juli 4, 2011 at 8:45 AM

    Bener banget akhir2 aku udaj jauh dari Allah … Mudah2an Allah tahu niat aku untuk bener2 deket dan aku bener2 bertaubat dari dosa yang berulang kali aku lakukan.

    Balas

  5. Posted by asev on Februari 27, 2012 at 4:25 PM

    kadang aku lupa, bahwa Rabb-ku mengawasiku, dalam keadaan ketika ku taat, dan ketika ku bermaksiat.
    Semoga Dia selalu menjagaku, dan mengingatkanku dikala aku tergelincir… aamiin …

    Balas

  6. belajar untuk ikhlas…ridho…sadar…sabar…soleh…tawaqqal…khusyu….yang datang dalam keseharian kita adalah..bahan-bahan untuk menjadikan hati kita bersih….so…semoga kita semua menerima yg diberikan ole Alloh…..aamiin

    Balas

  7. Posted by irfan cah slawi tegal on Mei 22, 2012 at 1:00 PM

    aku manusia yg penuh dosa…ampunilah ya Allah………..

    Balas

  8. alhamdulilah trimakash ya

    Balas

  9. smoga allah mengampun dosa2 qu yang lalu melalui artikel ini

    Balas

  10. HAMBA BELUM SEMPAT MEMOHON AMPUN KEPADA IBU HAMBA SEBELUM MENINGGALKAN ALAM DUNIA …
    SEDANGKAN HAMBA SULIT UNTUK MERUBAH JALAN MENUJU ILAHI..
    APAKAH USTAD BISA MEMBANTU SAYAH SEBAGAI PERANTARA NYA ..
    WASSALAM….

    Balas

  11. Posted by putri on Desember 5, 2013 at 6:21 PM

    tubuh q penuh dengan dosa, aq sudah berzina aq tdk pernh sholat aq pusing mkrn kluargaku pcr q dan kerjaan q…. aq hmpir ptus asa hmpir aja bnuh diri? mslh ni q hdapi smpe skrg…. gmna

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: